Kamis, 08 Desember 2011

Akibat OrangTua Pilih Kasih ke Anak

Apakah Anda sudah menjadi ibu yang adil terhadap anak-anak di rumah? Studi menunjukkan bahwa ibu yang memperlihatkan pilih kasih atau favoritisme terhadap salah satu anaknya akan meningkatkan potensi depresi terhadap anak-anaknya yang lain saat dewasa.

Pakar Universitas Cornell Karl Pillemer dan sosiolog Universitas Purdue Jill Suitor melakukan penelitian terhadap 275 keluarga besar terkait efek berbahaya yang menimpa anak saat mereka dewasa. Penelitian juga menilai faktor-faktor luar seperti ukuran keluarga dan ras. 

Favoritisme yang dilakukan orangtua memperjelas dampak kesehatan mental anak. "Favoritisme ibu berpengaruh pada perkembangan psikologis anak, bahkan setelah mereka tumbuh dewasa dan memulai keluarga sendiri," kata Pillemer, Profesor Departemen Pembangunan Manusia dan di Cornell's College. 

"Persepsi perlakuan pilih kasih merusak psikologis anak-anak yang lain yang  akan mereka terapkan pada keluarga yang mereka bangun," seperti dikutip dari Aol Health. Studi ini memperjelas detail timbulnya masalah perilaku pada anak, remaja dan dewasa muda akibat ibu yang pilih kasih.

Pillemer berharap temuan ini bisa membuka terapi penanganan masalah keluarga dan mencegah konflik yang timbul akibat prilaku pilih kasih. Hasil penelitian dipublikasikan dalam Journal of Marriage and Family edisi April 2010.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Dibagikan

Baca juga yaaa