Kamis, 05 April 2012

MengOptimalkan ASI Ibu Bekerja, Agar Bayi tetap Mendapat ASI Eksklusif


Kesibukan kerja, kemacetan lalu lintas yang membuat perjalanan pulang pergi ke kantor jadi tak singkat, membuat banyak mama  ragu untuk tetap bisa memberikan ASI eksklusif bagi anak selama 6 bulan. 

Tapi, jangan buru-buru menyerah, Ma. Tetaplah berusaha, dan yakinkan diri Anda pasti bisa! Tip berikut mungkin bisa membantu:

- Rajin ‘menabung’ ASI. Mulailah berlatih menabung dan menyimpan ASI sekitar tiga minggu sebelum mulai kembali bekerja. Ini akan membiasakan Anda untuk memerah ASI dan menjadikannya sebagai rutinitas. 

- Kenyangkan anak.  Sebelum berangkat bekerja, susui bayi Anda sampai kenyang. Begitu pula segera sesudah Anda pulang bekerja.

- Perah ASI di kantor setiap tiga jam sekali. Atur waktu Anda agar setiap tiga jam sekali Anda bisa memerah ASI secara rutin. Ini perlu Anda lakukan agar ASI tetap lancar. Temukan tempat yang cukup bersih untuk melakukannya, kemudian simpan ASI di dalam tempat penyimpan yang baik sampai waktu pulang.

- Jaga kondisi. Penting sekali bagi Anda untuk tetap sehat selama menyusui agar produksi ASI tidak terganggu. Makanlah makanan bergizi, dan konsumsi banyak buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Minum banyak air putih untuk memperlancar ASI, terutama sebelum memerah ASI/menyusui.

Selain hal-hal di atas, satu hal lagi yang tak kalah penting untuk selalu Anda miliki adalah semangat. Bila semangat mengendur, dengan mudah niat Anda untuk menyusui anak akan ikut memudar. Jadi, bertahanlah, Ma, demi yang terbaik untuk anak!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Dibagikan

Baca juga yaaa