Minggu, 26 Agustus 2012

Tips Anak Supaya Gemuk


Tips Anak Supaya Gemuk banyak dipakai untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi anak. Masalah gizi yang dialami anak tidak terbatas pada kelebihan badan maupun obesitas saja, namun beberapa anak juga terlihat mengalami berat badan yang kurang atau kurus. Terus bagaimanakah cara menggemukkan badan anak yang kurus? Anak yang mengalami masalah gizi dapat dilihat dari badan yang kurus dan berat badan yang dimiliki di bawah normal. Untuk mengetahui kondisi tersebut dapat dilakukan dengan pengukuran indeks massa tubuh (IMT) lewat perbandingan tinggi serta berat badan.

Menurut salah seorang professor pediatri,  Stephen R Daniels, MD, PhD, dari Children’s Hospital Medical Center, Cincinnati, “Perlu diingat bahwa berat badan anak bersifat dinamis dan berubah sesuai dengan pertumbuhannya. Untuk tahu apakah anak masuk kategori kurus atau tidak bisa menggunakan grafik pertumbuhan atau IMT.”

Kita dapat melakukan beberapa cara berikut untuk menggemukkan badan anak:

1. Konsumsilah lemak yang sehat
Tambahkanlah dalam pola makan anak dengan lemak sehat, hal ini dapat membantu untuk menaikan kalori yang sangat dibutuhkan dalam peningkatkan berat badan.
Gantilah konsumsi lemak seperti mentega dan margarin dengan lemak yang lebih sehat, contohnya lemak yang terdapat pada kacang-kacangan, alpukat, dan minyak goreng zaitun, safflower dan canola. Contohnya sandwich yang ditambah dengan sepotong alpukat atau tuna
.
2. Buatlah rencana pola makan
Libatkanlah anak dalam membuat perencanaan pola makan, hal ini dilakukan supaya suasana lebih menyenangkan dan juga bisa mengenalkan makanan sehat pada anak. Ada keuntungan yang diperoleh ketika mengajarkan anak dalam mempersiapkan makanan, kondisi tersebut dapat menambah gairah anak ketika makan dan membuat suasana menjadi lebih santai. Anak bisa makan dalam jumlah yang sedikit bila anak merasa terburu-buru atau tidak rileks. Beberapa jenis makanan dengan kalori tinggi, yakni keju, susu, telur, yoghurt, roti, sup kacang, pasta, macaroni, sereal, selai kacang dan kentang.


3. Berikanlah anak shake, jus buah dan smoothies
Salah satu minuman yang mempunyai kandungan kalori tinggi dan juga sangat kaya akan gizi adalah minuman shake dan smoothies. Tambahkan variasi dalam minuman tersebut dengan mencampurkan buah seperti blueberry, stroberi, pisang, dll, atau tambahkanlah yoghurt. Variasi ini akan membuat anak lebih menikmatinya.
Disamping itu, Anda juga dapat menambahkan sayuran dalam smoothie dan juga tambahkan madu untuk pemanis alaminya. Supaya anak tidak melewatkan waktu makannya, berikanlah minuman tersebut dua jam sebelum waktu makan.

4. Hindarilah memberikan anak makanan cepat saji
Kandungan yang terdapat dalam makanan cepat saji, antara lain gula, garam serta lemak jenuh tinggi. Bila Anda mempunyai keinginan memiliki anak yang gemuk, biasakanlah anak untuk mengkonsumsi makanan sehat, dan hindarilah junk food karena memiliki kandungan kalori yang rendah. Jadi walaupun berat badan anak bertambah namun tubuhnya kurang sehat dan lebih cenderung memiliki berat badan berlebih.
Ada 3 jenis lemak yang dibutuhkan tubuh, yakni lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh, sedangkan pada junk food hanya memiliki lemak jenuh saja.

5. Suplemen penambah nafsu makan
Suplemen untuk meningkatkan nafsu makan pada anak biasanya mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B kompleks dan bebepa bahan atau nutrisi aktif lainnya. Biasanya suplemen penambah nafsu makan dijual di apotik dalam bentuk sirup dengan rasa yang enak.
Seringkali orang tua senang jika melihat anaknya gemuk karena terlihat lucu, tetapi seperti yang kita tahu gemuk tidak selalu sehat. Yang paling baik adalah berat badan yang ideal. Saat berusaha menggemukan anak yang kurus orang tua harus tetap menjaga agar berat badan anak supaya tidak berlebih










2 komentar:

  1. Tq infone mantab abiz

    BalasHapus
  2. Mantep banget cozz,, bisa dipake buat yg remaja juga nich.. Hehe

    BalasHapus

Silahkan Dibagikan

Baca juga yaaa